Rabu, 26 November 2014

Mencegah Terjadinya Tanah Longsor

Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang bisa di akibatkan oleh ulah manusia itu sendiri maupun dari alam sendiri. Tanah longsor sering terjadi di daerah- daerah yang memiliki cukup ketinggian dan tebing yang curam. Biasanya tanah longsor di akibatkan oleh tanah yang sudah tidak dapat menahan pohon dan tanaman yang berada di atasnya. Selain itu tanah yang terus menerus terkena banjir dan hujan bisa membuat tanah menjadi mudah untuk longsor. Pohon- pohon yang terus menerus di tebang juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya bencana alam seperti tanah longsor.

Salah satu cara untuk mengatasi terjadinya tanah longsor yaitu dengan banyaknya kita menanam pohon- pohon dan tanaman lainnya. Hal ini agar tanah tidak menjadi gundul. Jika tanah menjadi gundul, hal ini jug memudahkannya untuk terjadi tanah longsor. Pohon- pohon itu juga bisa menyerap banyak air saat hujan yang turun terus menerus, sehingga setidaknya dapat mengurangi terjadinya tanah longsor.



Selain itu, kita hindarkan untuk membuat pemukiman di bawah tanah yang curam dan tebing, maupun di atas tebing tersebut. Tanah yang sudah rapuk lama kelamaan bisa menjadi gumpalan untuk tanah longsor. Agar tidak menelan korban jika, maka hindari lah sebisa mungkin daerah yang rawan akan tanah longsor. Biasanya daerah pegunungan yang tanahnya sudah tidak kuat akan memudahkannya untuk longsor, maka hindarilah untuk sering melewati daerah tersebut apalagi jika sampai membuat rumah di bawah maupun di atas daerah tersebut.

Selain itu, tanah longsor juga bisa di sebabkan karena banjir maupun air hujan yang terlalu banyak sehingga sungai menguap dan tidak dapat menahannya lagi. Hal ini juga perlu di perhatikan agar menjaga lingkungan jangan sampai menimbulkan bencana alam yang bisa memicu terjadinya bencana alam berikutnya. Selain itu, sekarang ini banyak pohon yang di tebang, hal ini tidak baik karena dengan seiringnya banyak pohon yang di tebang, maka tanah pun akan menjadi gundul dan mudah rapuk jika terkena air hujan terus menerus, karena di atas tanah tersebut sudah tidak ada pohon yang bisa menyerap air huja tersebut. Perlu kita perhatikan juga, bencana alam datang sebagian karena ulah manusia itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar