Minggu, 07 Desember 2014

Menumbuhkan Semangat Dalam Belajar

Belajar merupakan suatu kegiatan yang menumbuhkan pengetahuan dalam diri kita. Dengan belajar, kita bisa mendapatkan beragam ilmu pengetahuan yang belum pernah kita temui sebelumnya. Dengan begitu, belajar merupakan suatu proses yang sangat di wajibkan pada semua orang. Belajar merupakan salah satu kegiatan yang di lakukan di sekolah- sekolah. Sekarang ini sudah ada peraturan tentang wajib belajar 12 tahun, maka semua anak dan remaja di wajibkan untuk bersekolah minimal sampai mereka lulus dari sekolah menengah atas.

Belajar memang di wajibkan karena tanpa ada nya proses pembelajaran, maka masyarakat akan hidup dalam kebodohan, semua profesi yang terdapat di kalangan masyarakat, baik dokter, guru, arsitek, pelukis, penyanyi, pilot, pramugari, tentara, polisi dan lain- lainnya merupakan hasil dari proses belajar itu sendiri. Mereka tentu tidak akan mendapatkan profesi itu jika mereka sendiri juga tidak menekuni dalam pembelajaran untuk menjadi apa yang mereka cita- citakan

.

Untuk membuat proses belajar menjadi lebih semangat, maka  di perlukan cara- cara agar belajar itu tidaklah membosankan, salah satunya cara adalah dengan belajar secara berkelompok. Bagi sebagian para remaja, belajar secara berkelompok itu lebih menyenangkan daripada harus belajar sendiri- sendiri. Hal ini karena dengan belajar secara berkelompok, mereka menjadi lebih semangat dan lebih mudah dalam mengerjakan soal- soal dan materi yang di berikan oleh guru. Mereka bisa saling bertukar pendapat dan berbagi ilmu kepada temannya yang belum bisa mengerti materi tersebut.

Tentu hal ini salah satu cara yang efektif dalam belajar. Dalam kegiatan belajar kita haruslah semangat dan pantang menyerah, ketika kita mendapatkan soal yang sulit, maka kita tidak boleh menyerah untuk mengerjakannya. Dengan belajar bersama- sama, maka kegiatan belajar itu akan lebih berwarna dan lebih menyenangkan, serta materi yang di ajarkan pun akan lebih di pahami bisa di buat kesimpulan dengan bahasa kita sendiri. Untuk menjadi apa yang kita cita- citakan, maka belajar lah dengan sungguh- sungguh dan penuh semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar